RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi Waktu :
2x45’
A. Standar
Kompetensi :
Memahami hubungan anatara ekologi dengan dan kerusakan lingkungannya
B. Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan hubungan dan peranan ekologi
terhadap kerusakan lingkungan sekitar
C. Indikator :
1. Menjelaskan
peranan ekologi terhadap kerusakan lingkungan
2. Memperhatikan
keadaan lingkungan serta menerapkan sikap dalam rangka keselamatan lingkungan
3. Menyebutkan factor-faktor
kerusakan berdasarkan kerusakannya
D. Tujuan
pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian ekologi
2. Siswa dapat membedakan
kerusakan lingkungan
3. Siswa dapat
menjelaskan factor-faktor penyebab kerusakan
4. Siswa dapat
menerapkan system ekologi dan perananannya dalam kehidupan ini
Ø Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Disisplin (discipline)
-
Rasa hormat dan perhatian (respect)
-
Tekun (diligent)
-
Tanggung jawab (responsibility)
E. Materi
Pembelajaran : Ekologi dan Lingkungan (lampirkan)
F. Metode
Pembelajaran :
ü Model : pembelajaran kooperatif
tipe think pair share
ü Pendekatan : induktif
ü Metode :
diskusi dan presentasi
Langkah-langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
I
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
|
1
|
Guru meminta semua siswa berpasang-pasangan
|
Semua siswa sudah memiliki pasangan masing-masing
|
2
|
-
Pengetahuan prasyarat
Memiliki
pengalaman/perhatian tarhadap
lingkungan sekitar
-
Motivasi
Guru bertanya
pada siswa apakah pernah melihat kerusakan lingkungan
|
Hamper semua siswa pernah menjaga kebersihan lingkungan
Beberapa siswa menjawab
|
3
|
Menjelaskan tujuan pembelajaran
Materi ekologi yaitu;
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian ekologi
2.
Siswa dapat membedakan kerusakan lingkungan
3.
Siswa dapat menjelaskan factor-faktor
penyebab kerusakan
4.
Siswa dapat menerapkan system ekologi dan
perananannya dalam kehidupan ini
Menjelaskan
perlengkapan pembelajaran, yaitu: media powerpoint (materi), LCD,
|
Siswa memperhatikan dengan seksama
|
II
|
Kegiatan
inti 70 menit
|
|
1
|
Guru memberikan lembar kerja siswa pada masing-masing pasangan untuk
diperaktikan
|
Semua pasangan mendapat LKS dan langsung mengerjakan dengan pasangan
kemudian menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
|
2
|
Eksplorasi:
Guru memberikan waktu bagi siswa untuk berfikir mengenai jawaban
soal dalam LKS (waktu 10 menit)
|
Semua siswa berfikir mengenai jawaban tersebut
|
3
|
Elaborasi:
Guru meminta siswa untuk menjelaskan jawaban yang dipikirkan
kepaada pasangan masing-masing secara bergantian (berpasangan/pair)
(10 menit)
|
Semua siswa menjelaskan jawaban yang dipikirkan kepada pasangan
masing-masing secara bergantian
|
4
|
Setelah semua pasangan menjelaskan jawabannya maka langkah
berikutnya adalah meminta setiap pasangan untuk menggabung 3 pasangan menajdi
satu kelompok untuk menjelaskan saling
menjelasakan jawaban mereka dan menyatukan jawaban yang dipikirkan mereka
tadi
(20 menit)
|
Siswa menacari 2 pasangan untuk menjelaskan jawabannya masing
masing dan mendiskusikannya secara singkat
(berbagi/share)
|
5
|
Konfirmasi:
Guru meminta masing-masing perwakilan dari kelompok kecil yang
terdiri dari 3 pasangan tadi untuk maju menjawab dan menjelaskan pertanyaan
tadi
(10 menit)
|
Perwakilan pasangan maju untuk menjawab pertanyaan, masing
masing menajawab satu pertanyaan
|
6
|
Guru memberikan pasangan lain untuk menenggapi jawaban tersebut
(20 menit)
|
|
III
|
Kegiatan
penutup (10 menit)
|
|
1
|
Guru menampilkan gambaran kerusakan lingkungan dengan media
pewerpoint, menyimpulkan pelajaran
hari ini dan memeberikan evaluasi serta motivasi dan apresiasi kepada seluruh
siswa
|
Semua siswa aktif dalam berdiskusi dan menjawab serta penuh
semangat dan dapat menulis kesimpulan.
|
Sumber
Belajar
Anonym.
2011. Ekologi dan Lingkungan. Diakses
dihttp//www. Anne ahira.com, pada tanggal 5
April
2012
Penilaian
Hasil Belajar
(contohnya
seperti table berikut)
Indicator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrument/Soal
|
Menjelaskan peranan ekologi terhadap
kerusakan lingkungan
Memperhatikan keadaan lingkungan serta
menerapkan sikap dalam rangka keselamatan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan factor-faktor
penyebab kerusakan
|
Tes tertulis
presentasi
|
tes uraian
|
jelaskan apa yang anda ketahui tentang
ekologi
sebutkan sikap atau cara yang dapat
mendukung keselamatan lingkungan
factor apa saja yang menimbulkan terjadinya
kerusakan lingkungan, berikan contohnya
|
Contoh
Instrumen: (jika menggunakan pengamatan)
Instrument
pengamatan
Menentukan
jenis-jenis kerusakan yang terjadi di lingkungan akibat kerusakan alami dan
campur tangan manusia serta solusinya.
Jenis
Kerusakan Lingkungan
|
Kerusakan
Alami
|
Kerusakan
oleh Campur Tangan Manusia
|
Solusi/Upaya
meningkatkan keselamatan lingkungan
|
Banjir
|
|||
Polusi (air,udara)
|
|||
Dan kerusakan-kerusakan lainnya.
|
Lembar kerja
siswa (LKS)
Ekologi dan
kerusakan lingkungan
jelaskan apa yang anda ketahui tentang ekologi?
sebutkan sikap atau cara yang dapat mendukung keselamatan
lingkungan?
factor apa saja yang menimbulkan terjadinya kerusakan lingkungan,
berikan contohnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar