Selasa, 15 Mei 2012

RPP BIOLOGI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan            : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester                 : VII/Ganjil
Mata Pelajaran                  : Biologi
Alokasi Waktu                   : 2x45’
A.      Standar Kompetensi       :
Memahami hubungan anatara ekologi dengan dan kerusakan  lingkungannya

B.      Kompetensi Dasar          :
Mendeskripsikan hubungan dan peranan ekologi terhadap kerusakan lingkungan sekitar

C.      Indikator :
1.      Menjelaskan peranan ekologi terhadap kerusakan lingkungan
2.      Memperhatikan keadaan lingkungan serta menerapkan sikap dalam rangka keselamatan lingkungan
3.      Menyebutkan factor-faktor kerusakan berdasarkan kerusakannya

D.     Tujuan pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian ekologi
2.      Siswa dapat membedakan kerusakan lingkungan
3.      Siswa dapat menjelaskan factor-faktor penyebab kerusakan
4.      Siswa dapat menerapkan system ekologi dan perananannya dalam kehidupan ini
                               
Ø  Karakter siswa yang diharapkan :
-          Disisplin (discipline)
-          Rasa hormat dan perhatian (respect)
-          Tekun (diligent)
-          Tanggung jawab (responsibility)

E.      Materi Pembelajaran : Ekologi dan Lingkungan (lampirkan)

F.      Metode Pembelajaran    :
ü  Model                   : pembelajaran kooperatif tipe think pair share
ü  Pendekatan          : induktif
ü  Metode                 : diskusi dan presentasi
Langkah-langkah Kegiatan
NO
Kegiatan Pembelajaran
Guru
Siswa
 I
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1
Guru meminta semua siswa berpasang-pasangan
Semua siswa sudah memiliki pasangan masing-masing
2
-          Pengetahuan prasyarat
Memiliki pengalaman/perhatian  tarhadap lingkungan sekitar
-          Motivasi
Guru bertanya pada siswa apakah pernah melihat kerusakan lingkungan
Hamper semua siswa pernah menjaga kebersihan lingkungan

Beberapa siswa menjawab
3
Menjelaskan tujuan pembelajaran
Materi ekologi yaitu;
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian ekologi
2.      Siswa dapat membedakan kerusakan lingkungan
3.      Siswa dapat menjelaskan factor-faktor penyebab kerusakan
4.      Siswa dapat menerapkan system ekologi dan perananannya dalam kehidupan ini
Menjelaskan perlengkapan pembelajaran, yaitu: media powerpoint (materi), LCD,                             

Siswa memperhatikan dengan seksama
II
Kegiatan inti 70 menit
1
Guru memberikan lembar kerja siswa  pada masing-masing pasangan untuk diperaktikan
Semua pasangan mendapat LKS dan langsung mengerjakan dengan pasangan kemudian menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
2
Eksplorasi:
Guru memberikan waktu bagi siswa untuk berfikir mengenai jawaban soal dalam LKS (waktu 10 menit)
Semua siswa berfikir mengenai jawaban tersebut
3
Elaborasi:
Guru meminta siswa untuk menjelaskan jawaban yang dipikirkan kepaada pasangan masing-masing secara bergantian (berpasangan/pair)
(10 menit)
Semua siswa menjelaskan jawaban yang dipikirkan kepada pasangan masing-masing secara bergantian
4
Setelah semua pasangan menjelaskan jawabannya maka langkah berikutnya adalah meminta setiap pasangan untuk menggabung 3 pasangan menajdi satu kelompok untuk menjelaskan  saling menjelasakan jawaban mereka dan menyatukan jawaban yang dipikirkan mereka tadi
(20 menit)
Siswa menacari 2 pasangan untuk menjelaskan jawabannya masing masing dan mendiskusikannya secara singkat
(berbagi/share)
5
Konfirmasi:
Guru meminta masing-masing perwakilan dari kelompok kecil yang terdiri dari 3 pasangan tadi untuk maju menjawab dan menjelaskan pertanyaan tadi
(10 menit)
Perwakilan pasangan maju untuk menjawab pertanyaan, masing masing menajawab satu pertanyaan
6
Guru memberikan pasangan lain untuk menenggapi jawaban tersebut
(20 menit)

III
Kegiatan penutup (10 menit)
1
Guru menampilkan gambaran kerusakan lingkungan dengan media pewerpoint, menyimpulkan  pelajaran hari ini dan memeberikan evaluasi serta motivasi dan apresiasi kepada seluruh siswa
Semua siswa aktif dalam berdiskusi dan menjawab serta penuh semangat dan dapat menulis kesimpulan.




Sumber Belajar
Anonym. 2011. Ekologi dan Lingkungan. Diakses dihttp//www. Anne ahira.com, pada tanggal 5
April 2012



Penilaian Hasil Belajar
(contohnya seperti table berikut)
Indicator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrument/Soal
*      Menjelaskan peranan ekologi terhadap kerusakan lingkungan
*      Memperhatikan keadaan lingkungan serta menerapkan sikap dalam rangka keselamatan lingkungan
*      Siswa dapat menjelaskan factor-faktor penyebab kerusakan

*      Tes tertulis
*      presentasi
*      tes uraian
*      jelaskan apa yang anda ketahui tentang ekologi
*      sebutkan sikap atau cara yang dapat mendukung keselamatan lingkungan
*      factor apa saja yang menimbulkan terjadinya kerusakan lingkungan, berikan contohnya





Contoh Instrumen: (jika menggunakan pengamatan)
Instrument pengamatan
Menentukan jenis-jenis kerusakan yang terjadi di lingkungan akibat kerusakan alami dan campur tangan manusia serta solusinya.
Jenis Kerusakan Lingkungan
Kerusakan Alami
Kerusakan oleh Campur Tangan Manusia
Solusi/Upaya meningkatkan keselamatan lingkungan
Banjir



Polusi (air,udara)



Dan kerusakan-kerusakan lainnya.










Lembar kerja siswa (LKS)
Ekologi dan kerusakan lingkungan

*      jelaskan apa yang anda ketahui tentang ekologi?


*      sebutkan sikap atau cara yang dapat mendukung keselamatan lingkungan?


*      factor apa saja yang menimbulkan terjadinya kerusakan lingkungan, berikan contohnya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar