RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi Waktu :
2x45’
A. Standar
Kompetensi :
Memahami hubungan anatara ekologi dengan dan kerusakan lingkungannya
B. Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan hubungan dan peranan ekologi
terhadap kerusakan lingkungan sekitar
C. Indikator :
1. Menjelaskan
peranan ekologi terhadap kerusakan lingkungan
2. Memperhatikan
keadaan lingkungan serta menerapkan sikap dalam rangka keselamatan lingkungan
3. Menyebutkan factor-faktor
kerusakan berdasarkan kerusakannya
D. Tujuan
pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian ekologi
2. Siswa dapat membedakan
kerusakan lingkungan
3. Siswa dapat
menjelaskan factor-faktor penyebab kerusakan
4. Siswa dapat
menerapkan system ekologi dan perananannya dalam kehidupan ini
Ø Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Disisplin (discipline)
-
Rasa hormat dan perhatian (respect)
-
Tekun (diligent)
-
Tanggung jawab (responsibility)
E. Materi
Pembelajaran : Ekologi dan Lingkungan (lampirkan)
F. Metode
Pembelajaran :
ü Model : pembelajaran kooperatif
tipe think pair share
ü Pendekatan : induktif
ü Metode :
diskusi dan presentasi
Langkah-langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
I
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
|
1
|
Guru meminta semua siswa berpasang-pasangan
|
Semua siswa sudah memiliki pasangan masing-masing
|
2
|
-
Pengetahuan prasyarat
Memiliki
pengalaman/perhatian tarhadap
lingkungan sekitar
-
Motivasi
Guru bertanya
pada siswa apakah pernah melihat kerusakan lingkungan
|
Hamper semua siswa pernah menjaga kebersihan lingkungan
Beberapa siswa menjawab
|
3
|
Menjelaskan tujuan pembelajaran
Materi ekologi yaitu;
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian ekologi
2.
Siswa dapat membedakan kerusakan lingkungan
3.
Siswa dapat menjelaskan factor-faktor
penyebab kerusakan
4.
Siswa dapat menerapkan system ekologi dan
perananannya dalam kehidupan ini
Menjelaskan
perlengkapan pembelajaran, yaitu: media powerpoint (materi), LCD,
|
Siswa memperhatikan dengan seksama
|
II
|
Kegiatan
inti 70 menit
|
|
1
|
Guru memberikan lembar kerja siswa pada masing-masing pasangan untuk
diperaktikan
|
Semua pasangan mendapat LKS dan langsung mengerjakan dengan pasangan
kemudian menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
|
2
|
Eksplorasi:
Guru memberikan waktu bagi siswa untuk berfikir mengenai jawaban
soal dalam LKS (waktu 10 menit)
|
Semua siswa berfikir mengenai jawaban tersebut
|
3
|
Elaborasi:
Guru meminta siswa untuk menjelaskan jawaban yang dipikirkan
kepaada pasangan masing-masing secara bergantian (berpasangan/pair)
(10 menit)
|
Semua siswa menjelaskan jawaban yang dipikirkan kepada pasangan
masing-masing secara bergantian
|
4
|
Setelah semua pasangan menjelaskan jawabannya maka langkah
berikutnya adalah meminta setiap pasangan untuk menggabung 3 pasangan menajdi
satu kelompok untuk menjelaskan saling
menjelasakan jawaban mereka dan menyatukan jawaban yang dipikirkan mereka
tadi
(20 menit)
|
Siswa menacari 2 pasangan untuk menjelaskan jawabannya masing
masing dan mendiskusikannya secara singkat
(berbagi/share)
|
5
|
Konfirmasi:
Guru meminta masing-masing perwakilan dari kelompok kecil yang
terdiri dari 3 pasangan tadi untuk maju menjawab dan menjelaskan pertanyaan
tadi
(10 menit)
|
Perwakilan pasangan maju untuk menjawab pertanyaan, masing
masing menajawab satu pertanyaan
|
6
|
Guru memberikan pasangan lain untuk menenggapi jawaban tersebut
(20 menit)
|
|
III
|
Kegiatan
penutup (10 menit)
|
|
1
|
Guru menampilkan gambaran kerusakan lingkungan dengan media
pewerpoint, menyimpulkan pelajaran
hari ini dan memeberikan evaluasi serta motivasi dan apresiasi kepada seluruh
siswa
|
Semua siswa aktif dalam berdiskusi dan menjawab serta penuh
semangat dan dapat menulis kesimpulan.
|
Sumber
Belajar
Anonym.
2011. Ekologi dan Lingkungan. Diakses
dihttp//www. Anne ahira.com, pada tanggal 5
April
2012
Penilaian
Hasil Belajar
(contohnya
seperti table berikut)
Indicator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrument/Soal
|
![]() ![]() ![]() |
![]() ![]() |
![]() |
![]() ![]() ![]() |
Contoh
Instrumen: (jika menggunakan pengamatan)
Instrument
pengamatan
Menentukan
jenis-jenis kerusakan yang terjadi di lingkungan akibat kerusakan alami dan
campur tangan manusia serta solusinya.
Jenis
Kerusakan Lingkungan
|
Kerusakan
Alami
|
Kerusakan
oleh Campur Tangan Manusia
|
Solusi/Upaya
meningkatkan keselamatan lingkungan
|
Banjir
|
|||
Polusi (air,udara)
|
|||
Dan kerusakan-kerusakan lainnya.
|
Lembar kerja
siswa (LKS)
Ekologi dan
kerusakan lingkungan



Tidak ada komentar:
Posting Komentar