MASTER PLAN USAHA
A.
JUDUL
Pemasaran souvenir replika bangunan khas Nusa
Tenggara Barat (NTB) melalui media e-shop
B.
LATAR BELAKANG
Mahasiswa
dikenal sebagai personal yang aktif.
Dengan aktivitas perkuliahan yang sangat padat, maka membuka sebuah
usaha yang menuntut purnawaktu cukup sulit untuk dijalankan. Metode penjualan
berbasis e-bisnis (e-shop) mendatangkan peluang tersendiri bagi mahasiswa yang
mengalami kesulitan tersebut.
Transaksi
online di Indonesia dinilai terus memperlihatkan perkembangan signifikan,
terutama pada usaha-usaha kecil. Nukman Luthfie, CEO PT Virtual Media
Nusantara, mengatakan pemasaran dengan memanfaatkan media online memiliki
banyak keunggulan dibandingkan dengan transaksi konvensional. Sisi investasi
merupakan faktor utama yang mendorong usaha kecil melirik media online dalam
memasarkan produknya (Luthfie, 2008).
Pada
tahun 2012, Pemerintah Provinsi NTB memiliki program visit Lombok-Sumbawa. Pemerintah
provinsi sudah mulai melaksanakan event-event yang menyita banyak wisatawan. Kepala
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Drs. L. Gita Aryadi, M.Si,
mengatakan, pihaknya menergetkan jumlah wisatawan yang datang ke NTB tahun 2011
sebanyak 850 ribu orang. Pencapaian angka itu cukup optimis dengan melihat arus
kunjungan wisatawan ke NTB yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Daerah NTB memiliki objek wisata yang
sangat banyak untuk dikunjungi, sehingga memiliki potensi yang besar untuk menarik
wisatawan lokal dan mancanegara.Wisatawan
pada umumnya akan mencari oleh-oleh atau cinderamata yang menunjukkan kekhasan
daerah wisata yang dituju. Biasanya cinderamata yang dijual dalam bentuk kaos,
gantungan kunci atau tas namun kami memproduksi cinderamata yang berbeda dalam
bentuk replika bangunan khas NTB.
C.
PERUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dalam Program
Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:
- Bagaimana mengembangkan bisnis suvenir replika bangunan khas NTB melalui e-shop?
- Bagaimana mempromosikan ciri khas daerah wisata Lombok-Sumbawa melalui suvenir replika bangunan khas NTB.
D. TUJUAN PROGAM
Tujuan dari dalam bidang kewirausahaan ini adalah:
- Mengembangkan bisnis suvenir replika bangunan khas NTB melalui pemasaran menggunakan e-shop.
- Meningkatkan minat dan kecintaan wisatawan terhadap daerah wisata Lombok-Sumbawa melalui suvenir replika bnagunan khas NTB.
- Meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun asing ke daerah wisata Lombok-Sumbawa dengan gencarnya pemasaran suvenir replika bnagunan khas NTB.
E. KEGUNAAN PROGRAM
- Merangsang kreativitas dan daya inovasi mahasiswa untuk menghasilkan kegiatan yang bermanfaat.
- Membuka wawasan mahasiswa dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu mengadapi pesaingan bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda Indonesia.
- Memberikan stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri terutama bagi masyarakat.
F.
IDENTITAS PEMILIK
Kelompok 3 : mata kuliah kewirausahaan
Dosen pembimbing : M. Zubair , M.Pd
G.
DATA PERUSAHAAN
Nama perusahaan : Replika Pernak Pernik Shop
Alamat :
jalan Matahari VII/4 Gomong
Mataram 83125
Telp. : (0370)
Berdiri : Mei 2012
H.
GAMBARAN UMUM USAHA
1.
Ide Produk
NTB merupakan daerah yang saat ini tengah menjalankan
program Visit Lombok-Sumbawa 2012. Oleh karena itu, pemerintah banyak
menghabiskan dana untuk melaksanakan berbagai event yang akhirnya mendatangkan
banyak wisatawan ke daerah NTB. Di tengah upaya memajukan kepariwisataan
tersebut, bisnis suvenir memiliki peluang tersendiri. Suvenir yang akan menjadi
produk penjualan kami akan berupa sebuah replika dari berbagai macam bangunan
yang hanya dapat ditemukan di daerah NTB. Penggunaan e-shop sebagai sarana
pemasaran juga dipilih karena tidak membutuhkan dana yang terlalu besar. Metode
pemasaran melalui e-shop juga tidak menyita banyak waktu karena dapat dilakukan
secara online.
2.
Deskripsi Usaha
Usaha
penjualan suvenir replika bangunan khas NTB melalui e-shop merupakan sebuah
peluang bisnis yang tidak memerlukan tempat khusus sebagai lokasi pemasaran dan
tidak menyita waktu banyak. NTB yang merupakan daerah tujuan wisata juga akan
memberikan nilai tambah pada usaha ini.
3.
Analisa Pemasaran Produk
Produk
pemasaran berupa suvenir replika bangunan khas NTB ini akan dipasarkan secara
luas melalui internet. Target pembeli pada pemasaran ini adalah orang-orang
yang telah atau ingin berwisata ke NTB juga event organizer yang akan
membutuhkan suvenir dalam event-event yang diadakannya.
Promosi
akan dilakukan dengan beberapa cara, yakni;
·
Promosi melalui facebook
dengan menandai foto-foto produk pada teman-teman.
·
Promosi dari mulut ke mulut
di berbagai art shop.
·
Promosi sekaligus pemasaran
menggunakan web khusus penjualan suvenir replika bangunan khas NTB.
Sistem pembelian yang akan dilakukan pembeli adalah sebagai
berikut;
·
Pembeli akan mengirimkan
kode barang yang akan dipesan melalaui pesan singkat atau e-mail.
·
Pembeli akan mentransfer
uang seharga barang yang akan dibeli ditambah dengan ongkos kirimnya ke rekening
yang telah disediakan.
·
Pembeli menerima barang
yang telah dipesan dalam jangka waktu tergantung pada penyedia jasa layanan
pengiriman.
I.
METODOLOGI PELAKSANAAN
1.
Persiapan
perlengkapan usaha:
a.
Gunting
b.
Cutter
c.
Lem
castol
d.
Kuas
e.
Kertas
segitiga
f.
Pensil
2.
Bahan
yang disediakan:
a.
Sterofoam
b.
Lem
kayu
c.
Tepung
maizena
d.
Bensin
e.
Air
f.
Cat
warna
g.
Karton
h.
Kertas
mika
i.
Piloks
j.
Kertas
kado
3.
Langkah
pembuatan produk
a.
Disiapkan
sterofoam dan dibentuk
sterofoam menggunakan cutter sesuai ukuran replika yang akan dibuat.
b.
Disapkan lem kayu, tepung maizena dan air dengan perbandingan
2:2:1 kemudian ketiga bahan disatukan, aduk hingga rata.
c.
Dimasukkan adonan
yang telah dibuat ke dalam kertas segitiga.
d.
Digunting ujung kertas segitiga sebagai tempat keluarnya
adonan.
e.
Ditekan adonan dalam kertas segitiga dan bentuk sesuai ukuran
sterofoam yang telah dibuat. (usahakan terlihat tekstur dari bahan).
f.
Dibiarkan bahan yang telah dibentuk diatas sterofoam mengering.
g.
Disiramkan bensin pada replika yang telah mengering untuk
melelehkan sterofoam.
h.
Dibiarkan mengering.
i.
Dicat replika menggunakan kuas dan tunggu sampai cat mengering.
j.
Untuk
finishing disemprotkan
piloks bening untuk mengkilapkan replika di bawah sinar matahari dan
biarkan hingga mengering.
4.
Pengemasan
Untuk penghematan biaya pembuatan kotak
replika digunakan kertas mika sebagai pengganti kaca. Kotak replika dibentuk
sesuai ukuran replika yang telah dibuat.
J.
JADWAL KEGIATAN
No.
|
Uraian
Kegiatan
|
Bulan Pelaksanaan
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
Pembuatan
Web
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pembelian
Peralatan Produksi
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pembelian
Bahan Baku produksi untuk satu bulan oprasional
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pembuatan
Produk
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Promosi
Awal Produk
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pemasaran
Produk
|
|
|
|
|
|
|
Jadwal
Pelaksanaan usaha dan tahap kebutuhan anggaran disusun sebagai berikut:
K.
RANCANGAN BIAYA
1. BIAYA INVESTASI
|
||||||||||
1. 1 Biaya tetap
|
||||||||||
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Besarnya (Rp)
|
||||||
1
|
Laptop
|
1 unit
|
4,000,000
|
4,000,000
|
||||||
2
|
Modem
|
1 buah
|
500,000
|
500,000
|
||||||
3
|
Pembuatan web
|
|
300,000
|
300,000
|
||||||
4
|
Meja kerja
|
1 buah
|
200,000
|
200,000
|
||||||
5
|
Alat tulis
|
1 paket
|
50,000
|
50,000
|
||||||
6
|
Alat potong
|
8 buah
|
10,000
|
80,000
|
||||||
Total
|
|
|
4,900,000
|
|||||||
1.2 Variable cost
per-bulan
|
||||||||||
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Besarnya (Rp)
|
||||||
1
|
Internet
|
|
200,000
|
200,000
|
||||||
2
|
Transportasi
|
|
100,000
|
100,000
|
||||||
Total
|
|
|
300,000
|
|||||||
2. BIAYA PRODUKSI
PER-LIMA UNIT
|
||||||||||
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Besarnya (Rp)
|
||||||
1
|
Tepung maizena
|
500 gr
|
5,000
|
5,000
|
||||||
2
|
Lem kayu
|
500 gr
|
40,000
|
40,000
|
||||||
3
|
Cat warna
|
1 kaleng
|
7,000
|
7,000
|
||||||
4
|
Kertas mika
|
2 meter
|
10,000
|
20,000
|
||||||
5
|
Karton
|
2 meter
|
10,000
|
20,000
|
||||||
6
|
Piloks
|
1 kaleng
|
20,000
|
20,000
|
||||||
7
|
Bensin
|
1 liter
|
4,500
|
4,500
|
||||||
8
|
Hiasan
|
2 gulung
|
2,000
|
4,000
|
||||||
9
|
Sterofoam
|
5 buah
|
10,000
|
50,000
|
||||||
10
|
Lem castol
|
1 buah
|
10,000
|
10,000
|
||||||
11
|
Kertas segitiga
|
3 lembar
|
500
|
1,500
|
||||||
Total
|
|
182,000
|
||||||||
Uraian
|
Besarnya (Rp)
|
|||||||||
Harga produksi
per-unit
|
36,400
|
|||||||||
Target produksi
per-bulan
|
30
unit
|
|||||||||
Biaya Produksi 30
unit per-bulan
|
1,092,000
|
|||||||||
Harga jual per-unit
|
70,000
|
|||||||||
|
||||||||||
Total
biaya produksi = (Total investasi + Total biaya operasional per tahun + Biaya
produksi per-tahun)
|
||||||||||
= Rp 4,900,000 +
(Rp 300,000 x 12) + (Rp 1,092,000 x 12)
|
||||||||||
= Rp 21,604,000
|
||||||||||
Total
pendapatan = Harga jual per-unit x 30
|
||||||||||
= Rp 70,000 x 30 =
Rp 2,100,000
|
||||||||||
Pendapatan
per-tahun = Rp 2,100,000 x 12 bulan = Rp 25,200,000
|
||||||||||
Analisis
biaya manfaat
|
||||||||||
Keuntungan
per-bulan = Pendapatan - biaya produksi
|
||||||||||
= Rp 2,100,000 – Rp
1,092,000 =Rp 1,008,000
|
||||||||||
Keuntungan
per-tahun = Rp 1,008,000 x 12 bulan = Rp 12,096,000
|
||||||||||
Pay
Back Periode = Total biaya produksi per-tahun / Keuntungan per-tahun
|
||||||||||
= Rp 21,604,000 /
Rp 12,096,000
= 1, 78 tahun = 19
bulan
(BY: KELOMPOK 3 KWU BIO FKIP UNRAM---- sunny)
|
|
nice,,, lam kenal y,,, :)
BalasHapus