Minggu, 03 Juni 2012

pandangan siswa tentang sains


A.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana pandangan siswa tentang Sains?
2.      Kesan apa yang ditujunkkan oleh siswa terkait ilmuwan?
3.      Bagaimana siswa membandingkan antara teknologi dengan Sains?
4.      Apakah masyarakat berpengaruh terhadap teknologi dan apakah teknologi juga berpengaruh bagi masyarakat?

B.     TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui  pandangan siswa tentang hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi.

C.      DESKRIPSI DATA
Ilmu pengetahuan dan teknologi memang saling berkaitan. Teknologi ada dan dapat dikembangkan karena ilmu pengetahuan dan begitu juga sebaliknya ilmu pengetahuan dapat berkembang jika dibantu oleh suatu teknologi yang canggih yang dapat mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan tersebut. Oleh karena itu kami melakukan penelitian di SMA Muhammadiyah Mataram dengan tujuan untuk mngetahui bagaimana pendapat siswa – siswi SMA Muhammdiyyah Mataram  tentang hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi
Dari empat belas butir pernyataan  tentang hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap 16 siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah Mataram maka diperoleh hasil bahwa 64,2% memiliki pandangan positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi atau setuju bahwa antara ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki kaitan satu sama lain. Sedangkan persentase siswa yangtidak setuju akan adanya hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi atau memiliki pandangan negatif antara hubungan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu sebanyak 21,4%. Dan persentase bagi siswa yang tidak tahu mengenai kaitan antara ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu sebanyak 14,28%. Data yang kami dapatkan lebih jelasnya akan termuat dalam tabel berikut :


Pandangan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
Penilaian
Jumlah persentase(%)
Setuju, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saling berhubungan
Memberikan pandangan positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi(+)
64,2%
Tidak setuju, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saling berhubungan
Memberi pandangan negatif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi(-)
21.5%
Tidak tahu, bahwa ilmu pengetahuan saling berhubungan
Tidak mengetahui tentang hubungan ilmu pengetahuan dan teknologi
14.8%






D.     KESIMPULAN
Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa – siswi SMA Muhammadiyah Mataram telah memiliki pandangan positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi artinya mereka setuju bahwa ada hubungan yang erat antara ilmu pengetahuan dan teknologi dan keduanya dapat saling mempengaruhi.

HASIL PENELITIAN SEMENTARA
Tujuan Penelitian                     : Mengetahui  pandangan siswa tentang hubungan antara ilmu
                                                  pengetahuan dan teknologi.
Hari, tanggal penelitian           : Selasa,
Tempat Penelitian                   : SMA Muhammadiyah Mataram
Sasaran                                    : Siswa – siswi kelas X dan XI SMA Muhammadiyah Mataram
Metode                                    : Angket
NO
Responden
Setuju(%)
Tidak Setuju(%)
Tidak Tahu(%)
1.
Ilmu dan teknologi tidak ada hubungannya satu sama lain.(Hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi)



2.
Teknologi mendapat ide dari ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan akan mengalami proses baru dan instrumen dari teknologi.



3.
Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, akan lebih baik untuk menginvestasikan uang dalam penelitian teknologi daripada penelitian ilmiah. (Ilmu Pengetahuan, teknologi dan kualitas hidup)



4.
Meskipun kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan kondisi kehidupan di seluruh dunia, ilmu pengetahuan dan teknologi sedikit membantu dalam menyelesaikan masalah sosial seperti kemiskinan, kejahatan, pengangguran, pertumbuhan  penduduk, dan ancaman perang nuklir.(Ilmu pengetahuan, teknologi dan  masalah sosial)



5.
Para ilmuwan dan insinyur harus diberikan kewenangan untuk memutuskan apa jenis energi yang akan digunakan di masa depan (misalnya nuklir, air, surya, batu bara , dll) karena para ilmuwan dan insinyur adalah orang-orang  yang mengetahui fakta dengan baik. (Keputusan teknokratis dan demokratis - membuat postur)



6.
Pemerintah harus memberikan uang penelitian kepada para ilmuwan hanya jika para ilmuwan dapat menunjukkan bahwa penelitian mereka akan meningkatkan kualitas hidup saat ini (Misi – orientasi perspektif).



7.
Pemerintah harus memberikan uang penelitian kepada para ilmuwan untuk mengeksplorasi sumber daya  alam dan alam semesta yang belum diketahui.(Perspektif ilmu dasar-dasar)



8.
Masyarakat atau lembaga pemerintah tidak harus memberitahu para ilmuwan apa masalah yang harus diselidiki, karena para ilmuwan sendiri adalah hakim terbaik atau mengetahui apa yang perlu diselidiki. (Peran pemerintah dan masyarakat dalam pemilihan masalah penelitian)



9.
Ilmu akan maju lebih efisien jika pemerintah kita lebih ketat mengontrol perkembangan ilmu pengetahuan. (Kontrol Pemerintah penelitian)



10.
Ilmu akan maju ,lebih efisien jika ilmu itu independen/mandiri dari pengaruh pemerintah.



11.
Iklim politik memiliki pengaruh yang kecil pada para ilmuwan karena mereka cukup banyak terisolasi dari masyarakat.(Pengaruh iklim politik pada para ilmuwan)



12.
Ilmu dan teknologi menjadi pengaruh yang cukup besar bagi penurunan kualitas perilaku masyarakat seperti kebudayaan dan agama (Pengaruh ilmu dengan kebudayaan dan agama)



13.
Ilmun dan teknologi akan berkembang dengan pesat jika tanpa ada campur tangan pemerintah



14.
Dalam melawan  ancaman kesehatan masyarakat, diagnosis dini penyakit menular sangat penting. Dan di daerah miskin dan terpencil di dunia di mana alat-alat medis konvensional seperti mikroskop dan tes diagnosis dengan cepat tidak tersedia. Imu dan teknologi menawarkan sebuah  handphone pendeteksi penyakit. (Dampak perkembangan ilmu dan teknologi bagi kesehatan masyarakat)




Ttd
Kelompok III



Tidak ada komentar:

Posting Komentar